Logo Bloomberg Technoz

"Tetapi kalau kita tidak ketemu apa penyebabnya boleh berpikir bahwa hal ini dikarenakan autoimun yang disebut JIA," jelasnya.

Namun, penyakit ini dikatakan tidak sampai mengancam nyawa, JIA hanya akan menimbulkan anak menjadi pincang hingga mengalami kecacatan.

Satu banding seribu anak bisa mengalami JIA, akan tetapi ini bisa terjadi pada semua usia.

"Penyakit ini bisa semua bayi sampai anak dan remaja tetapi rata-rata biasanya di usia sekitar 7 tahun. Timbulnya bertahap, menetap berbulan-bulan samapai tahunan," kata dr Endah.

JIA terjadi karena adanya peradangan atau inflamasi yang terjadi pada membran sinovial. Sehingga hal ini bisa mengakibatkan produksi cairannya meningkat dalam lutut. Cairan ini bisa menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri.

Apabila hal tersebut tidak diperbaiki, maka tulang rawan dalam lutut akan terjadi kerusakan seperti osteoporosis. Hal ini juga membuat anak menjadi malas untuk bergerak maupun berjalan yang nantinya otot akan mengalami pengecilan.

2.⁠ ⁠Systemic Lupus Erythematosus

Systemic lupus erythematosus atau sering disebut dengan lupus. Penyakit ini biasanya banyak menyerang berbagai lapisan organ pada tubuh.

Bisa menyerang mulut, kulit, paru, ginjal, jantung, usus, darah, otot, dan persendian. Tak heran penyakit ini disebut sebagai seribu wajah.

Orang yang mengalami lupus akan mengalami kerontokan pada rambut dan mengalami demam tinggi. Penyakit ini bisa diderita semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa.

"Tetapi memang dari seluruh kasus lupus, hanya 10% terjadi pada masa anak-anak, ketika menyerang anak-anak lupus biasanya munculnya menjelang pubertas," terang dokter Endah.

Orang tua perlu memperhatikan anak-anak bila mengalami keluhan tanpa jelas terutama pada anak perempuan pada usia 9 tahun ke atas. 

Gejala lupus yang sering ditemukan ialah adanya ruam pada wajah, sariawan parah. Lupus ini pun merupakan penyakit yang menetap dengan jangka waktu lama.

3.⁠ ⁠Vaskulitis

Radang pembuluh darah bisa terjadi karena danya penumpukan pada antibodi IGA, atau juga pada vaskulitis IGA (Henoxonlane purpura).

Penyakit ini juga dapat mengenai pembuluh darah kecil yakni mengenai pembuluh darah kecil, pembuluh dari yang berada di pinggir dari sedang hingga besar.

(dec/spt)

No more pages