Logo Bloomberg Technoz

Buronan Alice Guo Ditangkap di RI, Filipina Janji Tindak Tegas

News
04 September 2024 13:50

Banner dengan foto Alice Guo. (Sumber: Bloomberg)
Banner dengan foto Alice Guo. (Sumber: Bloomberg)

Manolo Serapio Jr. dan Andreo Calonzo - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. berjanji akan segera menyelesaikan kasus-kasus terhadap mantan walikota yang menghadapi tuduhan pencucian uang dan perdagangan manusia setelah dia ditangkap di Indonesia pada Rabu (04/09/2024).

Marcos, dalam sebuah video yang diposting di Facebook, mengatakan bahwa mantan walikota Alice Guo akan diberikan hak-hak hukum, setelah Departemen Kehakiman mengonfirmasi bahwa dia berada dalam tahanan polisi Indonesia. Manila minggu lalu mengajukan tuntutan pencucian uang terhadap Guo yang diduga terkait dengan kasino online yang berpusat di China.

“Biarkan ini menjadi peringatan bagi mereka yang mencoba menghindari keadilan: itu adalah upaya yang sia-sia,” kata pemimpin Filipina tersebut. Meskipun Guo berhak atas perlindungan hukum, pemerintah “tidak akan membiarkan ini memperpanjang penyelesaian kasus yang hasilnya akan menjadi kemenangan bagi rakyat Filipina,” katanya.

Mantan walikota kota Bamban di provinsi Tarlac di utara ibukota hilang pada pertengahan Juli ketika perintah penangkapan dikeluarkan terhadapnya. Sejak saat itu, puluhan rekening bank dan aset lainnya yang terkait dengan Guo telah dibekukan oleh otoritas karena tuduhan penipuan, pencucian uang, dan perdagangan manusia.