Logo Bloomberg Technoz

Selain itu, Paus mengatakan untuk berpatisipasi dalam sejarah bersama yang di dalamnya solidaritas adalah unsur hakiki dan semua orang memberikan sumbangsihnya membantu mengidentifikasi solusi-solusi yang tepat untuk menghindari kejengkelan yang muncul dari perbedaaan dan untuk mengubah perlawanan kepada kerja sama yang efektif.

"Keseimbangan yang bijaksana namun rentang ini di antara kemajemukan budaya yang besar dan ideologi-ideologi yang berbeda dan cita-cita yang mempererat persatuan haruslah dibela terus-menerus dari berbagai ketimpangan ini adalah karya keterampilan yang dipercayakan kepada semua orang tetapi secara khusus kepada mereka yang terlibat dalam kehidupan politik yang harus memperjuangkan kerukunan persamaan," ujarnya.

Paus mengaku berbicara dengan mengutip Paus Yohanes Paulus II yang juga berbicara di Istana pada tiga setengah dekade yang lalu.

"Saya ingin menjadikan kata-kata dari Santo Yohanes Paulus II dalam kunjungannya tahun 1989 di istana ini, sebagai perkataan saya,"ujar Paus di Istana dikutip dari YouTube Sekretariat Kabinet," Rabu (4/9).

Di penghujung akhir pernyataan, ia mengaku dengan keanekaragaman yang sah dengan menghargai manusia dan politik dari semua warga dan mendorong pertumbuhan persatuan nasional berlandaskan toleransi dan sikap saling menghargai terhadap orang lain ada di Indonesia.

"Indonesia meletakkan fungsi masyarakat yang ada dan damai yang diinginkan bukan untuk diri sendiri dan rindu untuk diwariskan kepada anak-anak setelahnya," ucapnya.

"Masyarakat percaya bahwa mereka dapat memohon berkat allah mendengar bahwa keluarga mau memiliki 3-4 anak ini sebuah yang baik berkata bahwa keluarga ini sebuah contoh yang bagus untuk  negara, karena banyak  negara tidak mau lagi memiliki anak tetapi memiliki binatang," tandasnya.

(dec/spt)

No more pages