Logo Bloomberg Technoz

Paus Fransiskus: Bhinneka Tunggal Ika, Landasan Kuat Persatuan

Dinda Decembria
04 September 2024 13:30

Upacara Penyambutan Kunjungan Kenegaraan Paus Fransiskus, Istana Kepresidenan Jakarta, 4/9/2024 (YouTube Setpres)
Upacara Penyambutan Kunjungan Kenegaraan Paus Fransiskus, Istana Kepresidenan Jakarta, 4/9/2024 (YouTube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Paus Fransiskus memuji semboyan Indonesia 'Bhinneka Tunggal Ika' saat memberikan sambutan di Istana Negara.

"Semboyan negara anda Bhinneka Tunggal Ika bersatu dalam keberagaman secara harfiah berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua, mengungkapkan sisi realitas sisi dari berbagai orang yang disatukan dengan teguh dalam satu bangsa," ujar Paus di Istana dikutip dari Sekretariat Kabinet," Rabu (4/9/2024).

"Semboyan ini juga menunjukkan bahwa sebagai keragaman hayati yang ada dalam negara kepulauan ini adalah sumber kekayaan dan keindahan," nilai Paus.

Demikian, Paus menilai pula perbedaan secara khusus berkontribusi bagi pembentukan mosaik yang sangat besar yang mana masing-masing adalah unsur tak tergantikan, mampu menciptakan karya besar otentik berharga.

"Kerukunan di dalam perbedaan dicapai ketika perspektif-perspektif tertentu mempertimbangkan kebutuhan kebutuhan bersama dari semua kurang dan ketika setiap kelompok suku dan demonasi keagamaan bertindak dalam semangat persaudaraan seraya mengejar tujuan luhur dengan melayani kebaikan bersama," ujarnya.