Logo Bloomberg Technoz

Boeing Kirim 737 Terbanyak ke China, Tambah Pemasukan Perusahaan

News
04 September 2024 12:40

Pesawat Boeing 737-8 Max. (Dok Bloomberg)
Pesawat Boeing 737-8 Max. (Dok Bloomberg)

Danny Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Boeing Co mengirimkan jet 737 Max terbanyak ke China dalam hampir enam tahun terakhir. Hal ini menawarkan secercah kemajuan bagi Chief Executive Officer (CEO) yang baru, Kelly Ortberg, ketika ia berupaya membersihkan tumpukan pesawat yang sudah jadi dan menambah pemasukan bagi perusahaan pembuat pesawat yang sedang dilanda masalah ini. 

Diperkirakan ada sembilan pengiriman di Agustus yang melampaui jumlah yang sama di bulan-bulan sebelumnya, berdasarkan data dari Cirium. Itu terjadi tak lama sebelum regulator mengandangkan pesawat berbadan sempit Boeing sebagai tanggapan atas dua kecelakaan fatal. Persediaan membengkak menjadi sekitar 450 jet Max yang belum terkirim pada akhir 2020 karena grounding yang diperpanjang dan pandemi Covid-19.

"Jika Boeing dapat melanjutkan laju pengiriman pada Agustus ke pelanggan di China, maka hal itu akan sangat membantu dalam menyelesaikan inventaris yang berpotensi untuk dikirim," kata Rob Morris, kepala konsultan di Cirium, firma analisis penerbangan.

Krisis baru tahun ini memperlambat upaya Boeing untuk mengurangi simpanan, dan kemajuan yang dicapai baru-baru ini dapat terurai dengan adanya potensi mogok kerja yang membayangi pabrik-pabrik perusahaan di Seattle.