Logo Bloomberg Technoz

KPK Panggil Dua Kader PDIP Saksi Dugaan Korupsi DJKA

Muhammad Fikri
04 September 2024 12:30

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - KPK melakukan pemanggilan kepada dua politikus PDIP sebagai saksi kasus dugaan korupsi di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

“Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK,” kata Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto melalui pesan singkat, Rabu (4/9/2024).

Dua politisi tersebut di antaranya merupakan Ketua Komisi I DPR RI Fraksi PDIP, Lasarus dan Wakil Sekjen Bidang Kesekretariatan DPP PDI Perjuangan, Yoseph Aryo Adhi Dharmo. Sampai dengan saat ini, KPK belum menyampaikan materi yang akan didalami dengan melakukan pemeriksaan terhadap dua politisi asal PDIP tersebut.

Sebelumnya, KPK juga telah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap salah satu anggota DPR RI Komisi V, Sadarestuwati terkait dengan kasus tersebut. Selain Anggota DPR, KPK juga pernah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Pada pemeriksaan Hasto, dia mengaku dicecar 21 pertanyaan terkait dengan kasus DJKA yang dilakukan selama kurang lebih 4,5 jam. Hasto juga memastikan dalam pemeriksaan tersebut tidak ada pertanyaan mengenai adanya aliran dana yang dia terima.