Logo Bloomberg Technoz

BCA (BBCA) Gabungkan Dua Entitas Pembiayaan

Sultan Ibnu Affan
04 September 2024 11:43

Warga bertansaksi di mesin ATM Bank BCA di Jakarta, Rabu (12/6/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Warga bertansaksi di mesin ATM Bank BCA di Jakarta, Rabu (12/6/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mengumumkan penggabungan usaha atau merger antara dua anak perusahaan pembiayaan kendaraan miliknya, yakni BCA Multi Finance dengan BCA Finance.

Dalam penggabungan itu, emiten perbankan milik konglomerat RI Hartono Bersaudara kini hanya memiliki satu entitas usaha pembiayaan, yakni BCA Finance, dengan menggenggam sebanyak 99,59%. Sisanya atau 0,41% dimiliki oleh BCA Finance Limited.

Sebelum penggabungan, BCA Finance fokus di pembiayaan kendaraan roda empat, sedangkan BCA Multi Finance fokus pada segmen roda dua dan roda empat bekas.

"Penggabungan akan menyatukan potensi terbaik BCA Finance dan BCA Multi Finance. BCA Finance sebagai perusahaan hasil penggabungan, diharapkan akan lebih kokoh, efisien dan efektif," ujar Head of ESG BCA Linda Chandrawati dalam keterbukaan informasi, dikutip Rabu (4/9/2024).

Linda mengatakan, pembiayaan mobil bekas BCA Multi Finance diharapkan akan lebih optimal dan memperkuat posisi grup usaha BCA pada pembiayaan di Indonesia.