Logo Bloomberg Technoz

Ekspansi Jasa China Melambat, Tanda Baru Melemahnya Ekonomi

News
04 September 2024 11:30

Suasana di tengah kota di China. (Dok: Bloomberg)
Suasana di tengah kota di China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Aktivitas jasa China berekspansi kurang dari yang diharapkan, survei swasta menunjukkan, menambah kekhawatiran atas kesehatan ekonomi. Indeks manajer pembelian jasa Caixin China turun menjadi 51,6 pada Agustus, dibandingkan dengan 52,1 pada bulan sebelumnya, menurut pernyataan yang dirilis oleh Caixin dan S&P Global pada Rabu (4/9/2024).

Perkiraan median para ekonom yang disurvei Bloomberg adalah 51,8. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi. "Persaingan di sektor ini masih sengit, dan meningkatkan penjualan melalui pemotongan harga menjadi prioritas bisnis," ujar Wang Zhe, ekonom senior di Caixin Insight Group, dalam pernyataannya.

"Perusahaan-perusahaan yang disurvei mengadopsi pendekatan yang berhati-hati dalam perekrutan untuk menghemat biaya, membuat pasar tenaga kerja berada di bawah tekanan."

Ekspansi jasa China. (Dok: Bloomberg)

Temuan-temuan ini menambah gambaran ekonomi yang berisiko terhenti, dengan data resmi yang diterbitkan pada akhir pekan yang menunjukkan industri jasa mulai dari restoran hingga pariwisata hampir mengalami kontraksi selama bulan terakhir musim panas.