Logo Bloomberg Technoz

Goldman Prediksi PDB AS Terpukul Jika Trump Menang Pemilu

News
04 September 2024 07:23

Donald Trump menyampaikan pidato selama acara kampanye di Atlanta, Georgia, pada 3 Agustus. (Fotografer: Dustin Chambers/Bloomberg)
Donald Trump menyampaikan pidato selama acara kampanye di Atlanta, Georgia, pada 3 Agustus. (Fotografer: Dustin Chambers/Bloomberg)

Christopher Anstey - Bloomberg News

Bloomberg, Ekonom Goldman Sachs Group Inc menaksir potensi implikasi ekonomi dari kemenangan Partai Republik atau Partai Demokrat pada Pemilu November mendatang, dan memperingatkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) AS akan terpukul jika Donald Trump menang.

"Kami memperkirakan bahwa jika Trump menang secara mutlak atau dengan pemerintahan yang terpecah, pukulan terhadap pertumbuhan dari tarif dan kebijakan imigrasi yang lebih ketat akan lebih besar daripada dorongan fiskal yang positif" dari mempertahankan sebagian besar pemotongan pajak, para ekonom Goldman termasuk Alec Phillips menulis dalam catatan pada Selasa.

PDB akan mencapai puncaknya sebesar 0,5 persen pada paruh kedua tahun depan dalam skenario tersebut, dengan dampak yang mereda pada tahun 2026, demikian estimasi tim Goldman.

Mereka mengasumsikan kenaikan 20 poin persentase pada tarif China di bawah Trump, bersama dengan bea masuk yang lebih tinggi untuk impor mobil dari Meksiko dan Uni Eropa, dan pengurangan imigrasi yang akan memperlambat pertumbuhan tenaga kerja.