Logo Bloomberg Technoz

INDEF Prediksi Aset Perbankan Syariah Bisa Sentuh Rp1.000 Triliun

Azura Yumna Ramadani Purnama
04 September 2024 05:27

Bank Syariah Indonesia ( Dok banksbi.co.id )
Bank Syariah Indonesia ( Dok banksbi.co.id )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) memprediksi aset perbankan syariah dapat menyentuh Rp1.000 triliun dalam waktu dekat dengan memaksimalkan potensi ekonomi syariah seperti wisata halal dan produk-produk halal.

Ekonom Senior INDEF Didik J. Rachbini mengatakan, aset perbankan syariah saat ini berada di kisaran Rp845 triliun dan dalam waktu dekat bisa mencapai Rp1.000 triliun dengan mengoptimalkan potensi ekonomi syariah.

“Ekonomi syariah itu saya baca data terakhir, aset dari perbankannya kira-kira Rp845 triliun. Dalam waktu dekat bisa Rp1.000 triliun, sebenarnya Rp1.000 triliun ini bisa berkembang dan menurut saya cukup besar,” ucap Didik dalam peluncuran Center for Sharia Economic Development (CSED) yang disiarkan secara virtual, Selasa (3/9/2024).

Didik berpandangan terdapat potensi besar dari wisata halal dan produk halal di Indonesia, namun promosi yang dilakukan masih kurang maksimal. Selain itu, sisi bisnis dan manajemen wisata halal di Indonesia juga masih perlu ditingkatkan.

Menurut dia, perbankan syariah merupakan salah satu instrumen yang cukup berpengaruh dalam perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. Sehingga pertumbuhan aset yang dicapai oleh perbankan syariah turut mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia.