Logo Bloomberg Technoz

Bank Danamon Akuisisi Bisnis Ritel Standard Chartered Indonesia

Whery Enggo Prayogi
17 April 2023 17:15

Ilustrasi Bank Danamon. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Bank Danamon. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) mengakuisisi bisnis ritel Standard Chartered Bank Indonesia, terdiri dari Kartu Kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

Transfer portofolio nasabah pinjaman ritel yang belum diketahui jumlahnya secara spesifik, akan berlangsung dan diharapkan tuntas Kuartal IV tahun ini. Bank Danamon dan Standard Chartered menandatangani perjanjian akuisisi portofolio Pinjaman Ritel Konvensional pada Senin (17/4/2023).

Akuisisi bertujuan untuk memperkuat bisnis consumer Bank Danamon, yang merupakan penggerak bisnis utama perseroan. Akuisisi juga diharapkan mampu menciptakan skala ekonomi dari investasi pada jaringan cabang, perbankan digital, dan kapabilitas lain.

Perseroan, yang jadi bagian MUFG, bermaksud ingin mempercepat pertumbuhan portofolio Pinjaman Konsumen, dimana tahun lalu terjadi kenaikan sekitar 18%. 

“Saya ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk menyambut para nasabah baru, dan memastikan bahwa baik Danamon maupun  Standard Chartered Bank Indonesia berkomitmen penuh untuk proses transisi yang lancar dan mulus, sehingga nasabah dapat menikmati akses ke ekosistem dan kapabilitas seluruh grup Danamon,” kata Hafid Hadeli, Wakil Presiden Direktur, Bank Danamon Indonesia, dikutip Senin (17/4/2023).