Logo Bloomberg Technoz

Selandia Baru Naikkan 3 Kali Lipat Retribusi Pengunjung Asing

News
03 September 2024 15:50

Suasana kota di Selandia Baru (Dok: Bloomberg)
Suasana kota di Selandia Baru (Dok: Bloomberg)

Tracy Withers - Bloomberg News

Bloomberg, Selandia Baru akan menaikkan hampir tiga kali lipat pungutan yang dibebankan kepada pengunjung asing, sehingga menimbulkan kekhawatiran bahwa wisatawan dapat menunda kunjungannya karena industri ini sedang berjuang untuk kembali ke tingkat sebelum pandemi.

Menteri Pariwisata Matt Doocey mengatakan pada Selasa (3/9/2024) bahwa pungutan tersebut akan meningkat menjadi NZ$100 (US$62) dari NZ$35, berlaku efektif pada 1 Oktober. Kenaikan ini menyusul kenaikan biaya visa sebesar NZ$130 bagi para pengunjung yang mengharuskan mereka membayar NZ$341, juga mulai awal bulan depan.

"Perubahan ini membuat perjalanan ke Selandia Baru menjadi lebih mahal dan kurang menarik dan selanjutnya dapat menunda pemulihan jumlah pengunjung hingga lebih dari tahun 2026," ujar Xie Xingquan, Wakil Presiden Regional Asosiasi Transportasi Udara Internasional untuk Asia Utara dan Asia Pasifik, dalam pernyataannya.

"Ini merupakan pukulan ganda bagi sektor perjalanan dan pariwisata Selandia Baru, dimulai dengan Imigrasi Selandia Baru yang mengumumkan kenaikan tajam dalam biaya visa, dan sekarang kenaikan pungutan pengunjung internasional."