Logo Bloomberg Technoz

PKS Soal Anies Bikin Partai Sendiri: Belum Tentu Jadi Presiden

Mis Fransiska Dewi
03 September 2024 13:20

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mengungkapkan, Gubernur DKI Jakarta 2017-2022, Anies Baswedan belum tentu bisa menjadi presiden meski berencana mendirikan partai politik sendiri.

Setidaknya, dia menyebut dua orang sosok yang dinyatakan gagal menduduki posisi presiden atau pun wakil presiden meski sudah mendirikan partai politik. Budiman Sujatmiko yang mendirikan Partai Rakyat Demokratik (PRD); dan pengusaha Hary Tanoesoedibjo yang mendirikan Partai Perindo. 

“Memang tidak otomatis bikin partai otomatis akan kemudian bisa jadi presiden enggak juga,” kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Kamis (3/9/2024). 

Meski demikian, dia tak menampik ada tokoh yang berhasil meraih posisi presiden justru karena mendirikan partai politik sendiri. Tokoh tersebut adalah Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono yang mendirikan Partai Demokrat.

Seperti Anies, kata Hidayat, SBY mendirikan Partai Demokrat usai merasa memiliki potensi kecil jika berharap pada partai politik yang ada saat itu. Dia pun pernah gagal maju menjadi wakil presiden saat bersaing dengan Hamzah Haz pada 2001.