Logo Bloomberg Technoz

Mpox di Sydney Melonjak Saat Dunia Bersiap Hadapi Wabah Baru

News
03 September 2024 12:40

Sebaran Kasus Cacar Monyet (Mpox) di RI (Bloomberg Technoz/Asfahan)
Sebaran Kasus Cacar Monyet (Mpox) di RI (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Jason Gale - Bloomberg News

Bloomberg, Keberhasilan Australia dalam menghilangkan cacar monyet (Mpox) dalam waktu enam bulan setelah wabah pada tahun 2022 kini dibayangi oleh kebangkitan yang tiba-tiba dan mengkhawatirkan, menyoroti tantangan ke depan saat dunia bersiap menghadapi wabah yang berpotensi lebih berbahaya.

Negara ini melewati waktu berbulan-bulan tanpa kasus yang dilaporkan dari akhir tahun 2022 hingga awal tahun ini, setelah vaksinasi gratis untuk kelompok berisiko, pesan seks aman yang agresif, dan kesadaran publik yang meningkat--bahkan pada Maret 2023, ketika Sydney menjadi tuan rumah bagi lebih dari 20.000 pengunjung internasional untuk festival WorldPride.

Sepanjang tahun itu, hanya ada 26 kasus yang dilaporkan. Kini, jenis baru virus cacar monyet yang menyebabkan cacar monyet mengancam akan memicu wabah global yang lebih parah, termasuk di Australia. Secara dramatis, negara ini mengalami 179 kasus pada Agustus saja, lebih banyak dibandingkan dua tahun sebelumnya. Hampir 400 kasus telah dilaporkan sejauh ini pada tahun 2024.

Meskipun Australia belum melaporkan adanya kasus strain clade Ib yang lebih berbahaya, lonjakan infeksi dari varian IIb yang tidak terlalu parah menggarisbawahi pentingnya mempertahankan cakupan vaksin yang tinggi, meskipun vaksinasi yang ada saat ini mungkin tidak memberikan perlindungan yang lengkap.

Kasus Mpox di Sydney, Australia. (Dok: Bloomberg)