Logo Bloomberg Technoz

Catatan DPR RI Soal APBN 2023: PMN BUMN Harus Berdampak Ekonomi

03 September 2024 11:19

Rapat Paripurna DPR Ditunda, Tak Kuorum Cuma 86 Anggota Hadir (Dok. Kemenkeu RI)
Rapat Paripurna DPR Ditunda, Tak Kuorum Cuma 86 Anggota Hadir (Dok. Kemenkeu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Muhidin M Said menyebut Fraksi PKS berpendapat bahwa dana penyertaan Modal Negara (PMN) yang diberikan ke BUMN harus dapat berkontribusi bagi pembangunan dan mendukung program prioritas nasional.

“Serta memiliki multiplier effect [efek berganda] terhadap perekonomian nasional,” ucap Muhidin dalam Rapat Paripurna di DPR RI, Selasa (9/3/2024).

Hal tersebut merupakan salah satu pendapat dan catatan dari sikap fraksi-fraksi yang telah disampaikan dalam rapat pembahasan Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2023.

Selanjutnya, Fraksi PDIP berpendapat bahwa pemerintah perlu meningkatkan kinerja dalam merealisasikan anggaran pendidikan sebesar 20% dan pemenuhan hak konstitusional atas realisasi anggaran pendidikan tersebut.

Muhidin menyatakan Fraksi PPP memberikan catatan agar pemerintah terus konsisten dalam pengelolaan keuangan negara melalui perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, serta pertanggungjawaban.