Logo Bloomberg Technoz

Deflasi 4 Bulan Berturut-turut, Ini Tanggapan BI

Redaksi
03 September 2024 10:10

Logo Bank Indonesia.
Logo Bank Indonesia.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengklaim inflasi yang terjaga pada 2024 merupakan hasil dari konsistensi kebijakan moneter serta eratnya sinergi pengendalian inflasi antara BI dan pemerintah melalui Gerakan Nasional pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di berbagai daerah. 

Asisten Gubernur Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan BI meyakini inflasi akan tetap terkendali dalam kisaran sasaran 2,5±1% pada 2024 dan 2025.

Pernyataan ini menanggapi pengumuman Badan Pusat Statistik (BPS) yang melaporkan terjadinya deflasi pada Agustus sebesar 0,03% (month-to-month/mtm), dan menggenapkan deflasi 4 bulan berturut-turut pada 2024.

Secara tahunan, Erwin mengklaim inflasi tercatat stabil sebesar 2,12% (year-on-year/yoy) dari realisasi bulan sebelumnya sebesar 2,13% (yoy).

Inflasi inti pada Agustus 2024 tercatat sebesar 0,20% (mtm), sedikit lebih tinggi dari inflasi pada bulan sebelumnya sebesar 0,18% (mtm). Realisasi inflasi inti tersebut disumbang terutama oleh inflasi komoditas kopi bubuk, emas perhiasan, dan biaya sekolah, seiring dengan berlanjutnya peningkatan harga komoditas global, khususnya emas.