Logo Bloomberg Technoz

Pengecer Jepang itu seharusnya bernilai lebih dari yang dimilikinya sekarang — ¥5,62 triliun (US$38,4 miliar) — tanpa diskon konglomerat, demikian pendapat mereka.

Seven & i telah menanggapinya dengan bergerak untuk merampingkan bisnisnya; tahun lalu, pengecer itu menjual jaringan toserba Sogo & Seibu Co dan sedang mempertimbangkan untuk mendaftarkan toko-tokonya di Ito-Yokado.

Namun, dengan pendekatan Couche-Tard —pengelola jaringan ritel Circle-K — dan pengawasan investor yang terus berlanjut, tekanan akan tetap ada pada perusahaan Jepang itu untuk meningkatkan nilainya.

Setiap transaksi potensial untuk membeli keseluruhan Seven & i akan menjadi akuisisi masuk terbesar yang pernah ada di Jepang.

Berikut ini adalah gambaran tentang apa yang membentuk bisnis Seven & i:

7-Eleven Jepang

Dengan 21.618 toko di seluruh negeri, 7-Eleven adalah peritel terbesar di Jepang, yang menawarkan berbagai macam makanan, minuman, dan barang, serta jaringan ATM sendiri dan layanan lainnya. Bersama dengan pesaingnya FamilyMart dan Lawson, minimarket dapat ditemukan di hampir setiap bagian negara kepulauan itu.

Waralaba ini dikenal dengan makanan siap saji yang beragam, mulai dari sandwich salad telur dan ayam goreng, hingga kotak bento dan mi. Seven & i menjual lebih dari 2 miliar nasi kepal onigiri setiap tahun. Total penjualan mencapai ¥5,3 triliun pada tahun fiskal terakhir hingga Februari.

Barang bermerek pribadi waralaba ini, 7-Premium, dapat ditemukan di toko-toko lain dalam kerajaan ritel Seven & i. Peritel ini juga telah menjalin kemitraan dengan kota-kota sehingga penduduk dapat mengakses dan mencetak dokumen resmi di 7-Eleven mana pun tanpa perlu mengunjungi kantor pemerintah.

Kerajaan ritel gloabal Seven & i./dok. Bloomberg

Toserba di AS dan Asia

Toko serba ada (toserba) pertama di dunia, pendahulu 7-Eleven, dibuka di dermaga gudang es di Dallas, Texas, pada tahun 1927. Bisnis ini berkembang menjadi merek Amerika yang ikonik dengan nama-nama produk minuman yang mudah diingat seperti Big Gulp dan Slurpee, menjadi tujuan bagi orang-orang yang sedang bepergian, terutama di pom bensin.

7-Eleven juga memelopori penggunaan cangkir kopi untuk dibawa pulang, soda fountain swalayan, dan penyajian makanan panas. Toko ini telah menjadi toko lingkungan yang populer di negara-negara lain di Asia, termasuk Singapura, Taiwan, dan Cina. Seven & i sekarang memiliki pom bensin Speedway dan Sunoco di Amerika Utara.

Dengan waralaba yang dimiliki dan dioperasikan oleh pemilik toko perorangan serta gerai milik langsung, 7-Elevens sekarang beroperasi di 19 negara, dengan lebih dari 84.000 toko.

Ito-Yokado, Supermarket

Operasional ritel asli Seven & i, yang mendahului pertemuan dengan 7-Eleven, menelusuri akarnya ke sebuah toko kecil di distrik Asakusa, Tokyo.

Mempekerjakan lebih dari 28.000 karyawan, Ito-Yokado menjual produk rumah tangga, makanan, dan pakaian, sering kali di lokasi real estat utama. Dengan 21 toko di 18 prefektur, grup ini menghasilkan ¥1,2 triliun pada tahun fiskal terakhirnya.

Selama bertahun-tahun, Ito-Yokado melebarkan sayapnya ke kancah internasional, membuka toko di Chengdu dan Beijing. Pada 2023, Ito-Yokado bergabung dengan York Corporation, sebuah jaringan supermarket. Logo Ito-Yokado, seekor merpati putih yang terbang di balik latar belakang biru dan merah, dikenal luas di Jepang.

Shell Garden adalah supermarket kelas atas milik Seven & i, yang sebagian besar berlokasi di sekitar wilayah Tokyo, menawarkan pilihan makanan yang berorientasi pada kesehatan dan impor.

York-Benimaru beroperasi di 247 toko di Jepang utara, sementara toko Tenmaya dapat ditemukan di sekitar prefektur Okayama di pulau utama Honshu.

Ada pula Seven Farm, yang mengumpulkan sampah makanan yang diubah menjadi kompos yang digunakan untuk menanam sayuran yang dijual di tokonya.

7-Eleven. (Sumber: Bloomberg)

Layanan Keuangan

Banyak orang dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan perbankan mereka di ATM yang terletak di toko 7-Eleven, yang juga telah menjadi cara yang sangat diperlukan bagi wisatawan asing untuk menarik uang tunai saat mengunjungi Jepang.

Dengan lebih dari 27.000 terminal, ATM tidak hanya ada di toko tetapi juga di bandara dan stasiun kereta. Layanan perbankan juga beroperasi di luar negeri, dengan sekitar 3.800 ATM di Indonesia dan Filipina, dan 15.400 di Amerika Utara.

Layanan perbankan lain di bawah waralaba tersebut meliputi FCTI, penyedia solusi ATM dan teknologi keuangan yang berbasis di AS, serta operator kartu kredit Jepang, layanan keuangan, dan sistem pembayaran yang menggunakan logo perusahaan induk.

Struktur bisnis Seven & i./dok. Bloomberg

Tower Records, Akachan Honpo

Toko rekaman ikonik, yang bangkrut di AS dan bangkit kembali sebagai toko musik daring, masih ada di Jepang sebagai bisnis Seven & i. Sebuah gedung setinggi delapan lantai berdiri di kawasan Shibuya, Tokyo, dihiasi dengan huruf Tower Records berwarna merah tebal dengan latar belakang kuning

Tower Records memulai debutnya di Jepang pada 1979 sebagai importir rekaman vinil. Toko dan merek tersebut terbukti menjadi hit abadi, dengan kafe, ruang langsung untuk menyelenggarakan konser, serta kolaborasi dengan artis dan karakter untuk menjual pakaian dan pernak-pernik.

Mirip dengan Babys R Us, Akachan Honpo telah beroperasi selama beberapa dekade di Jepang dengan menjual pakaian anak-anak, popok, mainan, dan kereta dorong di 126 toko fisik dan melalui aplikasinya, yang memiliki lebih dari 2 juta pengguna. Penjualan bersih mencapai ¥83 miliar pada tahun yang berakhir pada bulan Februari.

Layanan Keamanan

York-Keibi, anak perusahaan, mengelola serangkaian personel keamanan untuk transportasi, fasilitas, dan acara. Bisnis ini bahkan memiliki petugas keamanan yang menyamar sebagai pembeli biasa untuk berpatroli melawan pencuri, menyediakan layanan profesional untuk berbagai klien.

E-Commerce dan Tiket Online

Seven Net Shopping adalah platform dagang-el waralaba yang paling menonjol, menawarkan barang dagangan, e-book, CD, dan permainan, dengan penjualan tahunan sebesar ¥19,2 miliar.

Situs daring lainnya termasuk Seven Dream Dot Com, salah satu perusahaan pertama yang memasuki pasar menggunakan toko 7-Eleven sebagai platform. Perusahaan ini juga mengoperasikan layanan tiket dan mengoperasikan pusat panggilan.

Pia Corporation adalah salah satu perusahaan penjualan tiket dan hiburan terkemuka di Jepang, menyelenggarakan acara musik dan menyediakan konten media yang berpusat pada waktu luang. Perusahaan ini juga menangani tiket untuk acara internasional, termasuk untuk Olimpiade Tokyo 2020.

Loft

Sering dibandingkan dengan Muji, toko Loft menarik pembeli yang mencari perlengkapan rumah yang bergaya.

Dengan 138 lokasi dan logo kuning mustard yang dikenal baik, Loft menjual barang dagangan gaya hidup mulai dari alat tulis hingga dekorasi interior.

(bbn)

No more pages