Logo Bloomberg Technoz

Ukraina bergegas untuk memperbaiki kerusakan akibat serangan yang terutama menargetkan pembangkit listrik dan infrastruktur transmisi energi.

Kekhawatiran publik telah meningkat selama beberapa bulan terakhir karena pemadaman listrik yang berkepanjangan dan distribusi listrik yang tidak merata di seluruh negeri seiring dengan mendekatnya musim dingin.

Kudrytskyi telah memimpin perusahaan tersebut sejak Agustus 2020, dan menjadi tokoh sentral dalam upaya Ukraina untuk mencegah Rusia menjerumuskan negara itu ke dalam kegelapan.

Pemecatannya menyusul pemecatan pejabat infrastruktur utama lainnya, Oleksandr Kubrakov, pada awal tahun ini.

Setelah menjabat sebagai wakil perdana menteri dan menteri infrastruktur, Kubrakov juga menghadapi tuduhan tidak melakukan cukup banyak hal untuk mempertahankan infrastruktur Ukraina dari serangan Rusia.

Ukrenergo menikmati kerja sama dengan donor internasional terkemuka termasuk Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan selama masa jabatan Kudrytskyi, dengan menerbitkan obligasi hijau global sebagai bagian dari upaya negara tersebut untuk merombak utangnya pada tahun 2021.

Pada saat yang sama, pemimpinnya kerap menghadapi tuduhan korupsi, yang berulang kali dibantahnya.

(bbn)

No more pages