Logo Bloomberg Technoz

Kekhawatiran Perihal Ekonomi China akan Batasi Gerak Bursa Asia

News
03 September 2024 06:55

Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)
Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)

Jason Scott - Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham Asia siap untuk dibuka stabil pada Selasa (3/9/2024). Para investor menahan diri karena kekhawatiran meningkat atas kesengsaraan ekonomi China. Kontrak berjangka menunjukkan kenaikan kecil untuk tolok ukur ekuitas di Tokyo dan Hong Kong, sementara saham-saham di Sydney terlihat datar.

Kontrak-kontrak AS menunjukkan sedikit perubahan saat perdagangan Wall Street dibuka kembali pada Selasa setelah libur Hari Buruh. Minyak naik tipis.

Para trader di Asia akan terus mengawasi tanda-tanda baru dari masalah ekonomi di China. Data pada Senin menunjukkan aktivitas pabrik-pabrik China mengalami kontraksi selama empat bulan berturut-turut di Agustus, sebuah sinyal terbaru bahwa negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini mungkin akan kesulitan untuk memenuhi target pertumbuhan tahun ini.

Aktivitas manufaktur China. (Dok: Bloomberg)

Perlambatan di Cjoa telah menyoroti urgensi stimulus baru dari pemerintah, sementara persediaan bahan baku utama dari baja hingga kedelai menumpuk di gudang-gudang negara ini--bukti bahwa aktivitas ekonomi masih terlalu lemah untuk menghasilkan surplus.