Logo Bloomberg Technoz

Lunasi Utang, Indofarma (INAF) Lego Aset Tanah & Bangunan Rp954 M

Sultan Ibnu Affan
03 September 2024 07:00

Indofarma. (Dok. Indofarma)
Indofarma. (Dok. Indofarma)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten BUMN Farmasi PT Indofarma Tbk (INAF) berencana menjual sejumlah aset berbentuk tanah dan bangunan dengan kisaran nilai Rp954,4 miliar, seiring dengan jeratan utang perseroan.

Berdasarkan keterbukaan informasi, dikutip Selasa (2/9/2024), Direktur Utama INAF Yeliandriani mengatakan rencana itu menyusul adanya perjanjian perdamaian usai putusan homologasi Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

"Jenis aset yang akan dijual berupa tanah dan bangunan berdasarkan nilai appraisal KJPP [Kantor Jasa Penilai Publik] tahun 2024 dengan taksiran nilai penjualan sebesar Rp954,4 miliar," ujar Yeliandriani.

Secara rinci, rencana penjualan aset tersebut terdiri dari penjualan aset jaminan [produksi dan non produksi] senilai Rp865,8 miliar dan penjualan aset non jaminan dengan nilai appraisal sebesar Rp88,64 miliar. Sisanya berasal dari kegiatan operasi terbatas.

Nantinya, hasil dari penjualan tersebut akan diberikan kepada kreditur tipe A dan tipe masing-masing senilai Rp598,9 miliar dan Rp3,44 miliar.