Logo Bloomberg Technoz

Yaqut Soal Muktamar Tandingan PKB: Kemarin Banyak yang Kecewa

Mis Fransiska Dewi
03 September 2024 05:40

Menag Yaqut Cholil Qoumas (Humas Kemenag RI)
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Humas Kemenag RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menilai rencana Muktamar tandingan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan hal yang wajar. Menurut dia, ada banyak kader PKB yang kecewa dengan Muktamar PKB di Bali akhir Agustus lalu. 

“Saya tidak menginisiasi [muktamar tandingan] itu, tapi saya kira soal mau ada muktamar lagi, boleh-boleh saja. Saya juga dengar banyak yang kecewa dengan muktamar Bali dan kepengurusannya,” kata Yaqut di Kompleks Parlemen, Senin (2/9/2024). 

Yaqut menyebut cukup banyak kader PKB yang dipecat sebelum Muktamar Bali digelar. Beberapa kader PKB tersebut kehilangan hak suara karena keputusan tidak melalui rapat komisi karena diputuskan secara dadakan. 

Lebih jauh Yaqut berpendapat, wacana menggelar muktamar tandingan sah-sah saja sebagai sebuah upaya politik. Dia menghargai jika sejumlah kader PKS menggelar muktamar kembali. Perihal siapa yang akan diakui, tinggal lihat siapa yang akan disahkan oleh Kementerian Hukum dan Ham. 

“Menurut saya sih enggak ada muktamar tandingan. Sebagaimana yang disampaikan oleh penggagas Muktamar [tandingan] yang seharusnya tanggal 2 dan 3 September,” tutur Yaqut.