Logo Bloomberg Technoz

Minyak Dunia Drop, Harga BBM Pertamax Cs Bisa Turun Lagi Oktober

Dovana Hasiana
02 September 2024 14:00

(Dok. Pertamina)
(Dok. Pertamina)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi di Indonesia diproyeksi memiliki peluang untuk kembali melanjutkan penurunan bulan kedua pada Oktober 2024.

Ekonom energi dari  Universitas Padjadjaran Yayan Satyakti mengatakan harga minyak dunia masih menunjukkan tren bearish sepanjang Agustus hingga awal bulan ini.

Hal itu tecermin dari data berbagai rujukan minyak yang kerap digunakan Indonesia, seperti; OPEC Basket Price, New York Singapore Platts, Mean of Platts Singapore (MOPS), dan Brent yang menjadi acuan Indonesia Crude Price  (ICP).

Pergerakan harga minyak dunia sampai dengan 2 September 2024./dok. Bloomberg

“Tren datanya memang turun. Jadi wajar kalau harga BBM nonsubsidi turun. Jika kita lihat, faktor penurunan BBM nonsubsidi bukan karena kebijakan pemerintah untuk menahan daya beli, tetapi memang kondisi gobal yang sedang dalam pasokan yang melimpah,” ujarnya saat dihubungi, Senin (2/9/2024).

Pasokan minyak dunia yang tengah surplus tersebut, kata Yayan, dipengaruhi oleh faktor musim panas dan rencana OPEC+ untuk meningkatkan kembali produksinya menjadi 180.000 barel per hari (bph) pada Oktober.