Logo Bloomberg Technoz

Pasar Properti Bebani Ekonomi China, Urgensi Stimulus Meningkat

News
02 September 2024 19:40

Properti China. (Dok: Bloomberg)
Properti China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Mesin pertumbuhan China yang tersisa menunjukkan tanda-tanda kegagalan sementara pasar properti terus membebani ekonomi. Hal ini menyoroti urgensi intervensi pemerintah untuk menjaga target pertumbuhan yang semakin tidak mungkin tercapai.

Aktivitas pabrik menyusut untuk bulan keempat berturut-turut pada bulan Agustus, menurut jajak pendapat resmi terhadap produsen. Angka penjualan terbaru menunjukkan penurunan hunian yang semakin parah, setelah China Vanke Co — salah satu pengembang terbesar di negara tersebut — menggarisbawahi masalah industri ini pada Jumat (30/08/2024) malam dengan melaporkan kerugian setengah tahun untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade.

Bahkan indeks manajer pembelian manufaktur (PMI) Caixin swasta — yang cenderung menunjukkan hasil yang lebih kuat — menunjukkan tanda-tanda peringatan, meskipun pulih menjadi 50,4 bulan lalu setelah tergelincir ke dalam kontraksi pada bulan Juli. Biaya bahan produksi turun untuk pertama kalinya dalam lima bulan, sementara produsen memangkas harga jual agar tetap kompetitif.

"Tantangan dan kesulitan dalam menstabilkan pertumbuhan beberapa bulan mendatang akan sangat besar," kata Wang Zhe, ekonom senior di Caixin Insight Group, dalam sebuah pernyataan yang menyertai rilis data pada Senin (02/09/2024). "Ada kebutuhan yang semakin mendesak bagi China untuk meningkatkan dukungan kebijakan."

PMI Manufaktur China. (Sumber: Bloomberg)