Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Tertekan, Surat Utang RI Dilepas Kala Deflasi Terjadi Lagi

Ruisa Khoiriyah
02 September 2024 11:27

Ilustrasi Rupiah. (Brent Lewin/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Brent Lewin/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia kembali mencatat deflasi pada Agustus, menjadi deflasi beruntun dalam empat bulan terakhir.

Deflasi Agustus juga mendekati rekor deflasi terpanjang Indonesia yang pernah terjadi pada 1999 silam. Terakhir kali Indonesia mencatat deflasi terpanjang adalah pada 25 tahun lalu ketika perekonomian RI mencatat deflasi selama 7 bulan beruntun. Kala itu, ekonomi domestik masih terperosok dalam akibat krisis moneter terburuk yang pecah pada 1997. 

Rupiah semakin tertekan ketika data inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) diumumkan oleh Badan Pusat Statistik siang hari ini.

Rupiah tertekan ke Rp15.539/US$, atau turun nilainya 0,54%, terdalam di Asia sejak pagi tadi di tengah tekanan yang juga dialami mata uang Asia lain karena kembali bangkitnya dolar Amerika Serikat (AS).

Sementara indeks saham masih bergerak menguat ke 7.707, ketika data inflasi diumumkan. Sedangkan di pasar surat utang mayoritas tenor mencatat kenaikan tingkat imbal hasil, indikasi ada banyak tekanan jual yang melonjakkan tawaran yield.