Logo Bloomberg Technoz

Pekerja Israel Siap Mogok Massal, Tuntut Gencatan Senjata di Gaza

News
02 September 2024 16:40

Unjuk rasa tuntut gencatan senjata di Israel./dok. Bloomberg
Unjuk rasa tuntut gencatan senjata di Israel./dok. Bloomberg

Galit Altstein dan Dan Williams - Bloomberg News

Bloomberg, Kelompok buruh terbesar Israel bersiap untuk melakukan pemogokan nasional pada Senin, dorongan terkuat yang pernah ada untuk memaksa pemerintah melakukan gencatan senjata di Gaza dan mengamankan pembebasan sandera yang ditawan Hamas.

Ratusan ribu warga Israel berdemonstrasi di berbagai kota di seluruh negeri pada Minggu — dalam apa yang tampaknya menjadi protes terbesar sejak serangan 7 Oktober — setelah jasad enam sandera ditemukan di sebuah terowongan di Jalur Gaza. Masing-masing ditembak berulang kali, tidak lama sebelum ditemukan, kata pemeriksa medis.

Baik protes maupun rencana pemogokan tersebut mencerminkan kemarahan yang mendalam terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang menurut para kritikus memperpanjang perang daripada memprioritaskan pengembalian yang aman bagi sekitar 100 sandera yang tersisa di Gaza.

Konflik militer telah menyebar ke Tepi Barat dan ke negara tetangga Lebanon, yang mengancam akan menenggelamkan wilayah tersebut dalam perang yang lebih luas.

Warga Israel memprotes pembebasan sandera dan menentang pemerintah selama demonstrasi di Tel Aviv, Israel, pada tanggal 1 September./dok. Bloomberg