Logo Bloomberg Technoz

“Kita optimis harusnya ke depannya ekonomi masih solid menyusul momen akhir tahun yang historikalnya aktivitas ekonomi lebih terakselerasi,” pungkas Hosianna.

Badan Pusat Statistik (BPS) dijadwalkan mengumumkan IHK bulan Agustus 2024 pada hari ini, Senin (2/9/2024) pukul 11.00 WIB. Sejumlah ekonom meramal bahwa IHK Agustus 2024 masih mengalami deflasi, melanjutkan tren yang terjadi tiga bulan sebelumnya.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy Manilet memprediksi inflasi Agustus 2024 pada angka -0,1%-0,1% (mtm) yang dipengaruhi oleh menurunnya berbagai harga komoditas pangan.

Sementara secara tahunan inflasi IHK Agustus 2024, Yusuf prediksi pada kisaran 2%-2,1% (year-on-year/yoy). Hal ini dipengaruhi oleh efek dasar yang tinggi akibat fenomena El Nino.

“Pada kelompok barang bergejolak, komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga dan diprediksikan mendorong inflasi yaitu komoditas daging ayam ras dan minyak goreng curah,” kata Yusuf akhir pekan ini.

Sedangkan komoditas yang diprediksi menyumbang deflasi pada Agustus 2024 adalah cabai-cabaian, telur ayam ras, dan gula pasir lokal.

(azr/lav)

No more pages