Logo Bloomberg Technoz

Pasar Properti China Kian Terpuruk, Penjualan Rumah Baru Anjlok

News
01 September 2024 17:00

Properti China. (Dok: Bloomberg)
Properti China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Kemerosotan di pasar perumahan China semakin dalam pada bulan Agustus, karena ekspektasi penurunan harga rumah baru yang lebih lanjut menghambat upaya negara untuk meredam penurunan tersebut.

Menurut data awal dari China Real Estate Information Corp, nilai penjualan rumah baru dari 100 perusahaan real estate terbesar turun sekitar 26,8% dari tahun sebelumnya menjadi 251 miliar yuan, lebih cepat daripada penurunan 19,7% pada bulan Juli.

Penurunan yang semakin cepat menunjukkan dampak yang berkurang dari paket penyelamatan terbaru yang diumumkan pada bulan Mei. Setidaknya 10 pemerintah kota telah melonggarkan atau menghapus pedoman harga rumah baru untuk membiarkan permintaan pasar memainkan peran yang lebih besar, langkah yang diharapkan akan mendorong lebih banyak perusahaan real estate untuk menurunkan harga.

Sektor ini terus menjadi beban bagi ekonomi China, yang membutuhkan lebih banyak stimulus untuk memenuhi target pertumbuhan pemerintah sebesar 5% tahun ini, menurut Bloomberg Economics. Krisis ini telah menekan segala hal, mulai dari pasar kerja hingga konsumsi dan kekayaan rumah tangga selama dua tahun terakhir.