Logo Bloomberg Technoz

Brasil Blokir Platform X Milik Musk, Pengguna Bereaksi Keras

News
01 September 2024 15:00

Platform X Milik Elon Musk. (Dok: Bloomberg)
Platform X Milik Elon Musk. (Dok: Bloomberg)

Andrew Rosati, Daniel Carvalho dan Mariana Durao - Bloomberg News

Bloomberg, Platform X milik Elon Musk mulai tidak bisa diakses di Brasil atas perintah pengadilan tertinggi. Brasil, negara terbesar di Amerika Latin, menjadi medan perang terbaru dalam pertarungan global mengenai regulasi kebebasan berbicara di internet.

Saat situs tersebut mati, para politisi bergegas membagikan reaksi mereka terhadap upaya pengadilan untuk mengatur konten sebelum mereka kehilangan akses. Selebriti memposting pesan untuk mengarahkan penggemar ke platform lain, sementara para ahli hukum internet ikut berpendapat - termasuk dalam postingan di X yang menghilang - tentang dampak jangka panjang.

Banyak dari 20 juta pengguna X di Brasil, negara dengan populasi pengguna internet terbesar kelima di dunia, terpaksa mencari platform lain setelah Mahkamah Agung memerintahkan penangguhan segera pada Jumat (30/08/2024) malam karena Elon Musk, sang miliarder, menolak menunjuk perwakilan hukum untuk jejaring sosial tersebut di Brasil.

Pertanyaan pada Sabtu (31/08/2024) adalah apakah Musk akan mundur. Sinyal awal dari orang terkaya di dunia itu adalah serangan terhadap Hakim Agung Alexandre de Moraes, yang mengeluarkan keputusan tersebut dan menjadi tokoh utama dalam salah satu konflik terbesar di dunia terkait seberapa besar kontrol yang dimiliki pemerintah terhadap media sosial.