Logo Bloomberg Technoz

Denmark Dorong Penggunaan F-16 di Ukraina untuk Lawan Rusia

News
01 September 2024 20:00

Jet tempur F-16 (Sumber: Bloomberg)
Jet tempur F-16 (Sumber: Bloomberg)

Sanne Wass - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Demnark Mette Frederiksen mengatakan sekutu harus memberikan apa yang dibutuhkan Ukraina untuk mengusir Rusia, dan tidak membatasi penggunaan senjata yang disumbangkan.

Ukraina harus diizinkan menggunakan senjata dari negara-negara Barat termasuk jet tempur F-16 untuk menyerang target di dalam Rusia selama itu mengikuti hukum internasional, katanya pada konferensi keamanan di Praha pada Sabtu (31/08/2024).

"Berbicara tentang garis merah dalam hal sumbangan adalah kesalahan besar," kata perdana menteri. "Ukraina harus memenangkan perang ini, dan mereka menghadapi Rusia yang sangat agresif. Satu-satunya cara untuk menang adalah memberikan Ukraina apa yang mereka butuhkan."

Denmark adalah salah satu pendukung terbesar Ukraina dan termasuk salah satu negara yang paling gigih mengkritik Rusia dalam NATO ketika sekutu terus berdebat tentang pembatasan penggunaan pasokan senjata mereka di Rusia. Negara Nordik berpenduduk 6 juta orang ini telah memberikan bantuan militer senilai US$7,3 miliar dan membantu melatih pilot dan tentara Ukraina. Baru-baru ini, mereka menyumbangkan 19 pesawat F-16 mereka.