Logo Bloomberg Technoz

Sebut Tersandera Kekuasaan, Anies Pilih Bentuk Parpol Sendiri

Redaksi
01 September 2024 10:00

Ilustrasi Anies Baswedan Gabung PDIP (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Anies Baswedan Gabung PDIP (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Baswedan mengungkapkan alasannya lebih memilih mendirikan organisasi masyarakat (ormas) atau partai politik (parpol) sendiri ketimbang menjadi kader parpol yang saat ini sudah berdiri.

Anies menegaskan, rencananya mendirikan parpol adalah untuk mengakomodir visi misinya tentang perubahan bisa terwujud, di tengan dinamika politik yang semakin sulit ditebak berkaitan dengan keterlibatan kekuasaan.

“Bila mengumpulkan semua semangat perubahan yang sekarang makin hari makin terasa besar, dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan. Maka, membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh,” kata Anies dalam video yang diunggah, dikutip Minggu (1/9/2024).

“Semoga tidak terlalu lama lagi [mendirikan parpol] kita bisa mewujudkan langkah-langkah konkrit untuk bisa mewadahi gerakan yang sekarang ini makin hari, makin membesar menginginkan Indonesia yang lebih setara demokrasi, yang lebih sehat politik yang mengedepankan policy gagasan.”

Pada kesempatan tersebut, Anies juga menyampaikan adanya ajakan dari salah satu partai yang meminta Anies untuk bergabung dengan partai tersebut. Namun, Anies menolak ajakan tersebut dikarenakan menurutnya partai politik yang sudah ada saat ini sudah tersandera oleh kekuasaan pemerintah.