Logo Bloomberg Technoz

Membaca Manuver Anies Baswedan Usai Tak Ikut Kontestasi Pilkada

Muhammad Fikri
31 August 2024 19:00

Calon Presiden 01 Anies Baswedan (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Calon Presiden 01 Anies Baswedan (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengamat Komunikasi Politik dan Dosen Universitas Paramadina Wahyutama memandang ada upaya Anies Baswedan tetap menjalin hubungan dengan para pendukung meski gagal ikut kontestasi politik di Pilkada Serentak 2024.

Video yang diunggah Anies Baswedan di media sosialnya, termasuk rencana mendirikan organisasi masyarakat atau bahkan partai politik, berpeluang mendapat sambutan publik. 

"Apalagi dengan minimnya suara oposisi akibat koalisi besar pemerintahan yang akan terbentuk, gerakan yang diinisiasi Anies ini berpotensi untuk menjadi saluran alternatif aspirasi publik yang cenderung terpinggirkan oleh elit politik saat ini," jelas Wahyutama.

Anies adalah mantan calon presiden di Pilpres 2024 dan mantan pejabat Gubernur DKI Jakarta 2017-2022. Sosoknya yang dikenal publik lantas membuat Anies diperkirakan penting untuk membuat pernyataan terbuka.

Dalam pandangan  Wahyutama unggahan tersebut mengadung “pesan-pesan utama yang disampaikan sekurang-kurangnya bisa dikelompokkan menjadi tiga hal,” jelas dia kepada Bloomberg Technoz, Sabtu (31/8/2024)