Logo Bloomberg Technoz

Studi: Pemilik Koin Kripto Cenderung Punya Sifat Psikopat 

News
31 August 2024 16:33

Industri Kripto Termasuk Bitcoin dan Ether. (Dok: Bloomberg)
Industri Kripto Termasuk Bitcoin dan Ether. (Dok: Bloomberg)

Teresa Xie—Bloomberg News

Bloomberg, Pemegang aset digital atau mata uang kripto cenderung menunjukkan tingkat yang lebih tinggi dari sifat-sifat kepribadian “gelap” seperti narsisme, Machiavellianisme, psikopat, dan sadisme, menurut sebuah makalah akademis baru-baru ini oleh para peneliti di University of Toronto dan University of Miami yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One.

“Hasil yang disajikan di sini menunjukkan bahwa kepemilikan mata uang kripto dikaitkan dengan beberapa karakteristik non normatif dan bisa dibilang maladaptif,” kata laporan tersebut.

Studi ini menerangkan bahwa ”individu yang telah membeli kripto, secara rata-rata, lebih cenderung mempercayai teori konspirasi, mendukung kelompok-kelompok ekstremis, dan berbagi sentimen populis.”

Studi ini adalah hasil dari survei 2.001 orang dewasa Amerika Serikat (AS). Hasilnya tercatat bahwa pemilik kripto cenderung mendapat skor lebih tinggi pada ukuran kebutuhan akan kekacauan, paranoia, atribut skizotipal, dogmatisme, mentalitas korban, dan reaktansi psikologis.