Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Restui Risma Mundur dari Jabatan Mensos

Muhammad Fikri
31 August 2024 11:30

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi memastikan akan merestui Tri Rismaharini untuk mundur dari jabatan menteri sosial pada Kabinet Indonesia Maju. Mantan wali kota Surabaya tersebut kukuh ingin mundur karena ingin berfokus sebagai calon gubernur pada Pilkada Jawa Timur.

“Ya saya izinkan, itu lebih baik. Tapi kalau tidak kan aturannya memang juga tidak apa-apa, memperbolehkan” kata Jokowi kepada wartawan, dikutip Sabtu (31/8/2024).

Diberitakan sebelumnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan resmi mengusung pasangan calon yang didukungnya untuk maju dalam kontestasi pemilihan calon gubernur di Pilkada 2024. Pasangan tersebut adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini yang dipasangkan dengan wakil ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, Zahrul Azhar Asad.

Meskipun menggandeng pasangan yang berasal dari Partai Golkar, PDIP memastikan bahwa partainya merupakan partai tunggal yang mengusung pasangan tersebut, tanpa dukungan dari partai asal Zahrul. Keduanya pun telah mendaftarkan diri ke KPUD Jatim pada pukul 18.00 WIB, Kamis (29/8/2024).

Pada Pilkada Jawa Timur, Risma akan berhadapan dengan dua srikandi lainnya. Pertama, petahana gubernur Khofifah Indar Parawangsa dan wakil gubernur Emil Dardak yang diusung koalisi gemuk atau KIM Plus.