Logo Bloomberg Technoz

Daftar Bakal Calon Peserta Pilkada di 10 Provinsi Sumatra

Muhammad Fikri
31 August 2024 07:00

Ilustrasi Bobby Nasution (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Bobby Nasution (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebanyak 22 pasangan calon akan bertanding pada 10 Pilkada tingkat provinsi di Pulau Sumatra. Mereka telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) masing-masing provinsi dan mulai menjalani tes kesehatan.

Di Aceh, pasangan mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Muzakir Manaf alias Mualem dan Fadhlullah alias Dek Fad maju bersama sebagai calon dengan dukungan 11 partai politik.

Keduanya akan berhadapan dengan birokrat Sekretaris Daerah Aceh, Bustami Hamzah yang menjadi penjabat (Pj) Gubernur Aceh sebelum menyatakan maju ke Pilkada 2024. Dia menggandeng tokoh agama Tgk Muhammad Yusuf A Wahab alias Tu Sop.

Kontestasi politik berpotensi panas di Pilkada Sumatra Utara (Sumut). Petahana Edy Rahmayadi menggandeng kader PDIP, Hasan Basri Sagala akan berhadapan dengan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution. Pilkada ini disebut sebagai babak lanjutan dari perseteruan KIM-Jokowi dengan PDIP usai Pemilu 2024.

Bobby tercatat mendapat dukungan dari mayoritas partai politik pemilik kursi di DPRD Sumut. Sedangkan, Edy Rahmayadi ternyata diusung tak hanya PDIP. Jelang pendaftaran ada enam partai yang berupaya membantu Edy melawan koalisi gemuk tersebut.