Logo Bloomberg Technoz

Inflasi PCE AS Naik, The Fed Siap Pangkas Suku Bunga

News
30 August 2024 20:11

Ilustrasi inflasi. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi inflasi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg, Indikator yang disukai Federal Reserve untuk mendasari inflasi Amerika Serikat (AS) naik dengan kecepatan yang ringan dan pengeluaran rumah tangga meningkat pada Juli, memperkuat rencana para pembuat kebijakan untuk mulai memangkas suku bunga bulan depan. 

Apa yang disebut indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti, yang menghilangkan makanan yang mudah menguap dan energi, naik 0,2% dari Juni, menurut data Biro Analisis Ekonomi pada Jumat (30/8/2024).

Dalam basis tahunan tiga bulan--sebuah metrik yang menurut para ekonom memberikan gambaran yang lebih akurat mengenai lintasan inflasi--indeks ini naik 1,7%, yang paling lambat tahun ini. Dari tahun lalu, indeks ini naik 2,6%. Pengeluaran konsumen yang disesuaikan dengan inflasi naik 0,4%, sebuah akselerasi dari bulan sebelumnya.

Data inflasi PCE. (Dok: Bloomberg)

Laporan Jumat mendukung pandangan bahwa inilah saatnya untuk mulai melonggarkan keketatan kebijakan moneter.

Dikombinasikan dengan celah yang muncul di pasar tenaga kerja, pendinginan inflasi yang berkelanjutan menjelaskan mengapa Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan minggu lalu "waktunya telah tiba" bagi para gubernur bank sentral untuk mulai menurunkan biaya pinjaman, kemungkinan besar bulan depan.