Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Zona Euro Turun ke Level Terendah, Dorong Pangkas Bunga

News
30 August 2024 16:55

Ilustrasi orang-orang di zona Euro. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi orang-orang di zona Euro. (Dok: Bloomberg)

Mark Schroers dan Alexander Weber - Bloomberg News

Bloomberg, Inflasi kawasan euro jatuh ke level terendah sejak pertengahan 2021--memperkuat argumen untuk pemangkasan suku bunga oleh Bank Sentral Eropa dalam waktu kurang dari dua minggu. Harga konsumen naik 2,2% dari tahun lalu di Agustus, kata Eurostat pada Jumat.

Hal ini secara signifikan lebih rendah dari 2,6% di Juli dan sesuai dengan estimasi median para analis dalam survei Bloomberg. Inflasi inti, yang tidak termasuk komponen-komponen yang bergejolak seperti makanan dan energi, juga menurun menjadi 2,8% setelah tiga bulan sebelumnya berada di level 2,9%, sesuai dengan prediksi para ekonom.

Inflasi zona Euro di Agustus. (Dok: Bloomberg)

Berita inflasi yang positif akan membantu mempertahankan suasana optimis yang terlihat pada pertemuan tahunan Federal Reserve di Jackson Hole minggu lalu, dengan Gubernur Jerome Powell bergabung dengan para pejabat ECB dan Bank of England yang dengan tegas mengisyaratkan bahwa suku bunga akan turun.

Investor bertaruh pada dua atau tiga pemangkasan ECB lagi tahun ini, ditambah langkah tambahan pada tahun 2025. Penurunan penting pada Juni mulai mengendurkan kampanye pengetatan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dilancarkan untuk menjinakkan lonjakan harga yang mencapai puncaknya pada 10,6% pada Oktober 2022.