Logo Bloomberg Technoz

Houthi Serang Kapal Tanker Yunani, Rilis Video Bukti

News
30 August 2024 20:30

Kapal diserang di Laut Merah. (Sumber: Bloomberg)
Kapal diserang di Laut Merah. (Sumber: Bloomberg)

Weilun Soon - Bloomberg News

Bloomberg, Kelompok Houthi yang didukung Iran telah merilis rekaman yang menunjukkan individu bertopeng naik ke kapal tanker berbendera Yunani, Sounion, dan meledakkan bom di atasnya.

Video singkat yang dibagikan di platform media sosial X oleh Yahya Saree, juru bicara Houthi, muncul seminggu setelah Angkatan Laut Inggris mengatakan telah melihat kebakaran di kapal tersebut. Kapal itu membawa 150.000 ton minyak mentah Irak, dan Pentagon mengatakan tampaknya terjadi kebocoran minyak, meningkatkan risiko bencana lingkungan besar di jalur air vital tersebut.

Pasukan angkatan laut Uni Eropa kemudian mengatakan tidak ada tumpahan minyak, yang mendorong juru bicara Pentagon untuk menambahkan pada Kamis (29/08/2024) bahwa tong-tong minyak di Sounion utuh, tetapi "kapal itu sendiri" mengalami kebocoran minyak.

Houthi, yang berbasis di Yaman, telah menargetkan kapal-kapal di Laut Merah sejak akhir tahun lalu sebagai bentuk solidaritas dengan Hamas atas perangnya dengan Israel di Gaza. Video berdurasi 2:39 menit ini memberikan konfirmasi bahwa Sounion dibakar oleh bahan peledak. Yunani akan memimpin upaya multinasional untuk menyelamatkan tanker tersebut, setelah Houthi mengatakan akan mengizinkan akses.