Logo Bloomberg Technoz

UU Antideforestasi Picu Aksi Penimbunan Biji Kopi di Eropa

News
30 August 2024 19:40

Petani memanen biji kopi Arabika di perkebunan kopi di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (25/5/2023).(Dimas Ardian/Bloomberg)
Petani memanen biji kopi Arabika di perkebunan kopi di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (25/5/2023).(Dimas Ardian/Bloomberg)

Mumbi Gitau - Bloomberg News

Bloomberg, Kargo kopi terpantau membanjiri Uni Eropa (UE) belakangan ini, lantaranpara pedagang bergegas menimbun biji kopi menjelang aturan lingkungan baru yang berlaku pada akhir tahun ini di Benua Biru.

Undang-undang Antideforestasi Uni Eropa, atau EU Deforestation Regulation (EUDR), akan mengharuskan importir ke blok mata uang tunggal tersebut untuk membuktikan bahwa komoditas seperti kopi, daging sapi, kakao, dan kayu tidak berkontribusi terhadap kerusakan lahan hutan.

Namun, kurangnya kejelasan tentang perincian regulasi tersebut telah membuat banyak bisnis tidak siap secara memadai, sehingga beberapa gangguan pasokan tidak dapat dihindari.

Kopi — tanaman yang sebagian besar bergantung pada jutaan petani kecil di seluruh dunia — sangat rentan terhadap tantangan untuk memastikan setiap bijinya mematuhi peraturan EUDR. Jadi, para pedagang telah berlomba untuk mengirim sebanyak mungkin ke Eropa sebelum 30 Desember.

Stok kopi di pelabuhan-pelabuhan Eropa naik jelang penerapan UU Antideforestasi UE./dok. Bloomberg