Logo Bloomberg Technoz

Bea masuk Uni Eropa untuk mobil listrik akan dipermanenkan pada November, sambil menunggu hasil pembicaraan perdagangan antara Brussels dan Beijing.

Komisi Eropa mengatakan bahwa tanggapan SAIC yang merupakan perusahaan milik negara terhadap penyelidikannya "ditemukan sangat kurang" dan menamparnya dengan bea masuk maksimum.

Pemilik MG mengalami penurunan 38% dalam pendaftaran di Eropa pada Juli dari tahun sebelumnya, dan penurunan yang lebih besar lagi yaitu 60% dari Juni, menurut periset Jato Dynamics. SAIC menekan lebih dari 13.000 MG listrik ke tangan dealer Eropa selama Juni, menjelang tenggat waktu tarif.

Secara keseluruhan, perusahaan-perusahaan China mendaftarkan kurang dari 14.000 mobil listrik di seluruh Eropa pada Juli, turun dari lebih dari 23.000 pada Juni, dan turun 9,7% dari Juli 2023, menurut Dataforce. Para produsen mobil China bergegas untuk mengalahkan tenggat waktu tarif, kata Matthias Schmidt, analis otomotif independen yang berbasis di Jerman. Hal ini membuat mereka memiliki lebih sedikit mobil listrik untuk dijual pada Juli.

Penjualan EV China. (Dok: Bloomberg)

BYD menggandakan kehadirannya di Eropa pada Juli dari tahun sebelumnya, meskipun produsen mobil terbesar di China ini membukukan penurunan berurutan sebesar 5,5%, menurut Jato. Perusahaan ini sedang membangun pabrik di Hungaria dan Turki yang, setelah beroperasi, akan memungkinkannya untuk menghindari tarif baru.

Polestar, produsen mobil listrik Swedia yang sebagian dimiliki oleh miliarder China Li Shufu, tidak termasuk di antara merek-merek China menurut Jato, meskipun Dataforce memasukkannya ke dalam perhitungan pasar.

Perusahaan tersebut telah mulai memproduksi Polestar 3 di AS, sementara Xpeng Inc, mitra Volkswagen AG di China, mengatakan kepada Bloomberg News bulan ini bahwa mereka sedang mencari lokasi produksi di Eropa.

Insentif--atau ketiadaan insentif--terus memainkan peran dominan dalam penjualan mobil listrik. Di Jerman, penjualan mobil listrik turun 37% pada Juli dan sekarang turun 20% dari tahun ke tahun, menurut Asosiasi Produsen Mobil Eropa.

Subsidi EV. (Dok: Bloomberg)

Di Belgia dan Denmark, di mana insentif EV tetap berlaku, permintaan mobil bertenaga baterai terus meningkat. Pendaftaran juga meningkat di Inggris pada Juli. Pemerintah Partai Buruh yang baru sedang mempertimbangkan apakah akan bergabung dengan Uni Eropa dalam mengeluarkan tarif, meskipun belum membuat keputusan akhir.

(bbn)

No more pages