Logo Bloomberg Technoz

Jet Tempur Ukraina Jatuh Saat Tangkis Serangan Rusia, Pilot Tewas

News
30 August 2024 15:40

Jet tempur F-16 (Sumber: Bloomberg)
Jet tempur F-16 (Sumber: Bloomberg)

Olesia Safronova - Bloomberg News

Bloomberg, Militer Ukraina mengatakan pihaknya kehilangan salah satu jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS) dalam sebuah kecelakaan yang menewaskan pilotnya saat pesawat tersebut berusaha menangkis serangan udara Rusia pada Senin (26/8/2024).

Insiden ini terjadi pada Senin ketika Ukraina berada di bawah serangan pesawat tak berawak dan rudal terbesar sejak dimulainya perang lebih dari dua tahun yang lalu, ketika Moskow menargetkan infrastruktur energinya, demikian ungkap Staf Umum Ukraina dalam unggahan di Facebook pada Kamis (29/8/2024).

Pilotnya, Oleksiy Mes, adalah seorang penerbang top Ukraina, kata Komando Barat negara itu. Ukraina menerima pengiriman pertama F-16 dari sekutu NATO bulan lalu dalam langkah yang telah lama ditunggu-tunggu yang dirancang untuk meningkatkan kemampuannya dalam menangkis serangan-serangan Rusia.

AS awalnya menahan diri untuk tidak memberikan pesawat-pesawat tersebut, dengan alasan antara lain pelatihan ekstensif yang mereka perlukan untuk para pilot Ukraina.