Logo Bloomberg Technoz

Indonesia & Australia Gelar Latihan Militer Bersama pada November

News
30 August 2024 14:40

Bendera Merah Putih Berkibar di Komplek Istana Negara IKN, Kalimantan. (Dok: Instagram/@prabowo)
Bendera Merah Putih Berkibar di Komplek Istana Negara IKN, Kalimantan. (Dok: Instagram/@prabowo)

Chandra Asmara - Bloomberg News

Bloomberg, Indonesia dan Australia akan mengadakan latihan pertahanan terbesar pada November, setelah menandatangani pakta keamanan baru yang dilihat sebagai langkah untuk mempererat hubungan antara kedua negara.

Wakil Perdana Menteri Australia dan kepala pertahanan Richard Marles pada Kamis (29/08/2024) di Magelang mengatakan latihan gabungan yang akan dilakukan di kota Surabaya, Jawa Timur, akan melibatkan sekitar 2.000 anggota pasukan pertahanan dari kedua negara. Dia berbicara setelah menandatangani pakta tersebut dengan menteri pertahanan dan presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Latihan ini mencakup bidang udara, darat, dan laut," kata Marles, menggambarkan acara tersebut sebagai "latihan paling kompleks yang pernah kita lihat." Latihan tersebut akan melibatkan kapal serbu amfibi Australia dan jet tempur F-35, serta juga akan mencakup kegiatan untuk melawan serangan siber.

Marles dan Prabowo menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan seminggu setelah presiden terpilih tersebut bertemu dengan Perdana Menteri Anthony Albanese di Australia untuk menyelesaikan kesepakatan yang dilihat sebagai "pilar penting" dalam hubungan pertahanan kedua negara.