Logo Bloomberg Technoz

Telkom (TLKM) Beber Langkah Keberlanjutan di Bisnis Data Center

Sultan Ibnu Affan
30 August 2024 08:50

Ilustrasi data center. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi data center. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Nusa Dua - Selain memperluas kolaborasi bisnis, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) atau Telkom melalui anak usahanya, PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin), juga menekankan pentingnya konsistensi dalam keberlanjutan di bisnis pusat data atau data center dan telekomunikasi.

VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto Ciptaning Andri mengatakan upaya itu sebagai upaya perusahaan turut membantu target nol emisi karbon Indoneisa atau net zero emission (NZE) hingga 0% pada 2060 atau lebih cepat.

"Untuk aspek lingkungan, TelkomGroup tentunya mendukung penuh program net zero emission. Perusahaan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi yang kemudian akan mengurangi jumlah emisi yang dihasilkan,” ujar Gunawan disela acara Annual Telkom International Conference di Bali, Kamis (29/8/2024).

Gedung Telkom Hub ( Dok telkomsat.co.id )

Gunawan mengatakan sejumlah langkah yang dilakukan perseroan tersebut juga akan diimplementasikan melalui program keberlanjutan yang bernama EXIST atau ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia, yang terbagi dalam 3 pilar.

Pertama, kata dia, yakni Right Environment Approach untuk pilar Environment. Kedua, Right People untuk pilar Social. Ketiga, Right Governance untuk pilar Governance, dengan berbagai inisiatif perusahaan, seperti pengelolaan proteksi data hingga kesetaraan.