Logo Bloomberg Technoz

Gandeng Medco, Proyek Data Center Telkom Bakal Pakai EBT

Sultan Ibnu Affan
30 August 2024 08:30

Ilustrasi Data Center atau pusat data. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Data Center atau pusat data. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Nusa Dua - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) Tbk (TLKM) atau Telkom melakukan kerja sama dengan PT Medco Power Indonesia (Medco Power) dalam pengembangan proyek pusat data atau data center yang tengah digarap oleh anak usahanya, PT Telkom Data Ekosistem atau NeutraDC.

Kerja sama tersebut nantinya mengamanatkan Medco Power, entitas usaha PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), tersebut sebagai penyedia energi baru dan terbarukan (EBT) melalui Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) dengan Green Hydrogen Plant (GHP) berkapasitas 18 megawatt (MW).

"[Proyek] data center kita di Batam, kita bekerja sama dengan Medco untuk suplai energi yang clean," ujar VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto Ciptaning Andri saat ditemui disela acara Annual Telkom International Conference di Bali, Kamis (29/8/2024).

Saat ini, NeutraDC memang tengah membangun proyek data center berkapasitas 80 MW yang berlokasi di Batam, seiring dengan target perusahaan yang ingin memiliki kapasitas data center hingga 500 MW pada 2030.

Pusat data atau Data Center (Doc. Freepik)

Selain di Batam, kata Gunawan, perseroan juga telah menggandeng PT Pertamina Power Indonesia (PPI) untuk menyediakan solar panel berkapastias 2 megawatt peak (MWp) dalam pengembangan proyek hyperscale data center-nya di Cikarang.