Logo Bloomberg Technoz

Saham Asia Siap Bangkit, Berkah Data Positif Ekonomi AS

News
30 August 2024 07:20

Ilustrasi Bursa Hong Kong (HKEX). (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Bursa Hong Kong (HKEX). (Dok: Bloomberg)

Matthew Burgess - Bloomberg News

Bloomberg, Saham Asia bersiap untuk menguat pada Jumat karena data pertumbuhan Amerika Serikat (AS) yang optimistis menunjukkan bahwa Federal Reserve (The Fed) sedang merekayasa apa yang disebut soft landing untuk ekonomi.

Kontrak berjangka ekuitas di Australia melonjak, sementara di Jepang naik tipis. Kontrak untuk ekuitas AS juga naik setelah S&P 500 ditutup sedikit berubah, terbebani oleh Nvidia Corp setelah hasil pendapatannya yang mengecewakan. Dow Jones Industrial Average ditutup pada titik tertinggi sepanjang masa, sementara Nasdaq Golden Dragon Index - tolok ukur saham China yang terdaftar di AS - naik 2,6%.

Reli pada Jumat akan menutup bulan terbaik untuk saham AS dan global sejak Juni di tengah taruhan bahwa Federal Reserve akan melonggarkan kebijakan karena menjinakkan inflasi tanpa ekonomi jatuh ke dalam resesi.

Ekonomi AS tumbuh pada kecepatan yang sedikit lebih kuat pada kuartal kedua daripada yang dilaporkan sebelumnya, mencerminkan revisi ke atas pada belanja konsumen yang lebih dari sekadar mengimbangi aktivitas yang lebih lemah dalam kategori lain.