Logo Bloomberg Technoz

Israel Tewaskan 5 Pria Palestina dalam Operasi Besar Tepi Barat

News
29 August 2024 20:20

Tentara Israel. (Dok: Bloomberg)
Tentara Israel. (Dok: Bloomberg)

Fadwa Hodali dan Dan Williams - Bloomberg News

Bloomberg, Tentara Israel mengatakan telah menewaskan lima orang bersenjata di tempat persembunyian mereka di sebuah masjid di Tepi Barat, menambah jumlah korban tewas akibat operasi militer yang luar biasa besar di wilayah Palestina.

Kampanye yang dimulai dengan serangkaian serangan di kota-kota di Tepi Barat bagian utara pada Rabu (28/8/2024) ini telah berlangsung secara paralel dengan perang yang telah berlangsung selama hampir 11 bulan dengan Hamas di Gaza, sehingga menimbulkan kekhawatiran di dunia internasional mengenai penyebaran kekerasan.

"Operasi militer besar Israel di Tepi Barat yang diduduki tidak boleh menjadi dasar perpanjangan perang dari Gaza," ujar Josep Borrell, diplomat tertinggi Uni Eropa, pada X.

Dia menanggapi Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz, yang mengatakan bahwa beberapa operasi di Tepi Barat mungkin memerlukan evakuasi warga sipil Palestina. Tindakan militer tersebut merupakan tanggapan atas upaya Iran untuk "membangun front teror timur" dengan mendanai dan menyelundupkan senjata kepada para militan.