Logo Bloomberg Technoz

Edy Rahmayadi-Hasan Basri Maju Pilkada Sumut, Tak Hanya PDIP

Redaksi
29 August 2024 17:50

Edy Rahmayadi dan Hasan Basri Sagala maju ke Pilkada Sumatra Utara. (Dok IG)
Edy Rahmayadi dan Hasan Basri Sagala maju ke Pilkada Sumatra Utara. (Dok IG)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tak hanya menjadi satu-satunya partai yang mengusung Edy Rahmayadi dan Hasan Basri Sagala sebagai pasangan calon pada Pilkada Sumatra Utara (Sumut). Keduanya akan diantar enam partai politik untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumut.

Selain PDIP, pasangan Edy Rahmayadi-Hasan Basri juga mendapat dukungan dari lima partai politik lainnya. Kelima partai tersebut adalah Partai Hanura, Partai Buruh, PKN, Partai Ummat, dan Partai Gelora. Rencananya, mereka akan mendaftarkan diri ke KPUD Sumut malam ini.

Dalam pidatonya, Edy mengatakan tahu tantangan yang berat untuk memenangkan Pilkada Sumut. Hal ini merujuk pada satu-satunya lawan yaitu mantan Wali Kota Medan Bobby Nasution dan politikus Partai Golkar Surya.

Pasangan ini diusung koalisi gemuk bernama KIM Plus yang berisi Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Kesejahteraan Sosial (PKS), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Perindo.

Tak hanya disokong banyak partai, Bobby adalah menantu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Edy-Hasan berarti juga harus berhadapan dengan popularitas Jokowi yang masih tinggi dan potensi keberpihakan pemerintah pada Pilkada Sumut.

"Kita tahu siapa yang berkuasa sekarang di republik ini," kata Edy dikutip dari acara deklarasi, Jumat (29/8/2024).