Logo Bloomberg Technoz

Ilham Habibie, Putra Presiden yang Penuhi Syarat Daftar Pilkada

Mis Fransiska Dewi
29 August 2024 17:10

Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie yang menjadi calon pada Pilkada Jawa Barat. (IG @Syaikhu_Ahmad)
Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie yang menjadi calon pada Pilkada Jawa Barat. (IG @Syaikhu_Ahmad)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ilham Akbar Habibie atau Ilham Habibie resmi mendaftar sebagai calon wakil gubernur pada Pilkada Jawa Barat 2024. Dia mendampingi Presiden PKS Ahmad Syaikhu menjadi pasangan calon kedua yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat.

Dia adalah putra pertama dari Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau B.J Habibie. Pria kelahiran Aachen, Jerman ini sudah menginjak usia 61 tahun memenuhi syarat minimal yang ditetapkan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menjadi calon pada Pilkada tingkat Provinsi yaitu minimal usia 30 tahun.

Ilham lebih banyak menuntaskan pendidikannya di Jerman yang dimulai dengan Elementary School Windmuehlenweg, Jerman Barat; High School Hochrad, Hamburg, Jerman Barat; hingga Technical University of Munich, Jerman.

Seperti sang ayah, ia juga merupakan ahli ilmu penerbangan. Dia bahkan telah mendapatkan gelar doktor dengan hasil summa cum laude pada universitas yang sama.

Pada 1999, Ilham mengikuti program International Executive Program, INSEAD, Fontainebleau, France, and Singapore dan mendapatkan gelar Master of Business Administration di Universitas Chicago.