Logo Bloomberg Technoz

Ahmad Syaikhu, dari Pilkada Kota Bekasi ke Jawa Barat

Mis Fransiska Dewi
29 August 2024 16:50

Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie yang menjadi calon pada Pilkada Jawa Barat. (IG @Syaikhu_Ahmad)
Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie yang menjadi calon pada Pilkada Jawa Barat. (IG @Syaikhu_Ahmad)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu kembali ikut pada kontestasi politik di Provinsi Jawa Barat. Kali ini, dia menggandeng putra Presiden ke-3 BJ Habibie, Ilham Habibie yang diusung tiga partai politik yaitu PKS, Partai Nasdem, dan PPP.

Syaikhu tercatat pernah mendaftarkan diri sebagai calon wali kota pada Pilwalkot Bekasi 2008. Akan tetapi, dia kalah yang kemudian melanjutkan karir politiknya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi pada Pileg 2009. 

Dia kemudian kembali maju sebagai calon pada Pilwalkot Bekasi 2013. Namun, kali ini dia mendaftar sebagai calon wakil wali kota mendampingi petahana dan kader Partai Golkar Rahmat Effendi. Keduanya pun memenangkan kontestasi politik untuk jabatan periode 2013-2018.

PKS kemudian meminta Syaikhu untuk mengikuti Pilkada Jawa Barat 2018. Dia mendaftar sebagai calon wakil gubernur mendampingi kader Partai Gerindra, Mayor Jenderal purnawirawan Sudrajat. Keduanya kalah oleh Ridwan Kamil-UU Ruzhanul Ulum. Akan tetapi, dia hanya kalah tipis dengan catatan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum memperoleh 32,88% suara; sedangkan Sudrajat-Akhmad Syaikhu mendapat 28,74% suara.

Syaikhu pun kemudian mengikuti Pemilu 2019 sebagai calon legislatif dari daerah pemilihan atau Dapil Jawa Barat VII. Dia terpilih menjadi anggota DPR 2019-2024 dan kemudian juga terpilih sebagai presiden PKS pada 2020.