Logo Bloomberg Technoz

Filipina Mau Beli 40 Jet Tempur di Tengah Ketegangan dengan China

News
29 August 2024 19:00

Ilustrasi jet tempur. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi jet tempur. (Sumber: Bloomberg)

Ditas Lopez - Bloomberg News

Bloomberg, Filipina berencana membeli 40 jet tempur multirole baru untuk meningkatkan kemampuan militernya, di tengah permusuhan dengan China baru-baru ini di wilayah udara.

"Kami telah memutuskan bahwa akuisisi akan dilakukan untuk kemampuan yang dapat membuat perbedaan nyata," kata Menteri Pertahanan Gilberto Teodoro dalam dengar pendapat kongres tentang anggaran 2025 yang diusulkan untuk departemennya. Untuk memiliki ketentuan pertahanan yang kredibel, "jumlah minimum bagi kami adalah 36 pesawat," setara dengan satu setengah skuadron, ditambah empat cadangan, katanya.

Manila berusaha memperkuat angkatan udaranya karena ketegangan dengan Beijing mencapai wilayah udara di atas Laut China Selatan yang disengketakan. Awal tahun ini, Presiden Ferdinand Marcos Jr. menyetujui rencana modernisasi militer yang akan memungkinkan pemerintah menghabiskan US$35 miliar dalam 10 tahun, berfokus pada penguatan pertahanan eksternal.

Teodoro juga mengatakan selama dengar pendapat bahwa pemerintah akan mencari undang-undang untuk "secara kreatif" mendanai akuisisi karena undang-undang yang ada membatasi pinjaman eksternal untuk setiap akuisisi pertahanan hingga US$300 juta.