Logo Bloomberg Technoz

Diterpa Isu Retak, Respons Jokowi Pakai Baju Biru Prabowo-Gibran

Redaksi
29 August 2024 15:10

Presiden Jokowi diduga memakai kemeja biru khas kampanye Prabowo-Gibran. (IG @Jokowi)
Presiden Jokowi diduga memakai kemeja biru khas kampanye Prabowo-Gibran. (IG @Jokowi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menepis kecurigaan kembali menggunakan simbol dalam menjawab dinamika politik. Hal ini merujuk pada kemeja yang dikenakan Jokowi dalam video keterangan presiden tentang aksi demo mahasiswa dan RUU Pilkada yang diunggah pada laman media sosial pribadinya.

Dalam video tersebut, Jokowi nampak berbeda karena mengenakan kemeja warna biru. Bahkan, warna birunya sangat identik dengan pakaian dan seragam kampanye pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024.

Hal ini kemudian dihubungkan dengan isu keretakan hubungan antara Jokowi dan Prabowo, beberapa waktu terakhir. Hal ini terutama usai Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang berada di bawah komando Prabowo membatalkan RUU Pilkada -- salah satu isinya bisa menjadi karpet merah bagi putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep untuk maju pada Pilkada tingkat provinsi.

"Ah, ndak [bukan pertama kali]. Sudah sering," kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Kamis (29/8/2024).

Dia juga menampik memiliki kebiasaan baru memakai baju dengan warna senada partai politik saat menghadiri acara anggota KIM Plus. Dia mengklaim, sangat sering menggunakan pakaian berbagai macam warna.